Bellman/Bellboy
Bellman Sering disebut juga sebagai Uniformed Service. Uniformed service merupakan salah
satu bagian yang sangat penting dalam operasional suatu hotel, terutama untuk
menciptakan citra yang positif terhadap hotel. Hal ini dikarenakan karena tamu
hampir selalu berhubungan dengan bagian
ini, dimulai dari kedatangan, selama tinggal, dan ketika meninggalkan
hotel.
Pada hakekatnya fungsi bagian Bellman dan Uniformed service
mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama hanya berbeda istilahnya. Pada
organisasi hotel besar yang memiliki jumlah kamar yang banyak dan memilki sistem pelayanan yang
spesifik, maka Organisasi Bagian Bellman ini atau Uniformed Service merupakan
suatu Bagian yang berdiri sendiri sebagai sebuah Departemen. Di
hotel sedang atau hotel menengah organisasi bagian ini merupakan salah satu
seksi dari Departemen Front Office (Kantor Depan). Sedangkan di hotel kecil organisasi bagian Bellman biasanya merupakan sub seksi dari
seksi Penerima Tamu (Reception) Secara garis besar, ruang lingkup dari
bagian Bellman adalah sebagai berikut :
- · Menyambut tamu di pintu utama
- · Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
- · Memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke Bandara, stasiun, pelabuhan ataupun terminal
- · Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
- · Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
- · Mengantar tamu ke meja pendaftaran
- · Mengantar tamu ke kamar
- · Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar
- · Melaporkan kejadian-kejadian yang tidak biasa terjadi
- · Mengantar surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
- · Menjaga lobby tetap bersih dan rapi
- · Menggudangkan/ Menangani Penitipan barang bawaan tamu
- · Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands
Pada hotel
berbintang 5, setiap departement departementnya melakukan tuganya masing masing
masing, begitupun Seorang bellman,.
Tugas
seorang bellman pada masing masing hotel sudah pasti berbeda, tergantung dari
tingkat dan fasilitas yang dimiliki hotel tsb.
Berikut kami
menjelaskan tugas seorang bellman didua hotel yang tingkatan BINTANGnya
berbeda,..
A.
Bellman dihotel Hotel berbintang 5 seperti di Hotel Marbella Anyar Melakukan tugas antara lain :
- Memberikan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
- Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
- Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
- Mengantar tamu ke meja pendaftaran
- Mengantar tamu ke kamar
- Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar
- Melaporkan kejadian-kejadian yang tidak biasa terjadi /Mencurigakan
- Mengantarkan surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
- Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands), dan jika diluar kemampuannya, bellman akan menyampaikannya kepada departement yang bersangkutan
B.
Sedangkan bellman dihotel berbintang 2 seperti Hotel
_______ melakukan tugas
antara lain :
- Memberikan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
- Membukakan pintu mobil tamu
- Memarkirkan mobil tamu
- Menjemput/mengantarkan tamu dari dan menuju bandara/stasiun transportasi lainnya
- Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
- Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
- Mengantar tamu ke meja pendaftaran
- Mengantar tamu ke kamar
- Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar
- Melaporkan kejadian-kejadian yang tidak biasa terjadi /Mencurigakan
- Mengantar surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
- Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands), dan jika diluar kemampuannya, bellman dapat menyampaikannya kepada departement yang bersangkutan
- Membantu mencarikan tamu yang dicari karena dihubungi oleh rekannya
- Mencarikan tamu yang hilang
SELANJUTNYA,
=>>> PENANGANAN BARANG BAWAAN TAMU
Kesimpulan
Dari keterangan diatas kami bisa
menyimpulkan bahwa :
Tugas seorang bellman dim masing masing
hotel akan berbeda, tergantung pada skala/ukuran hotelnya.
Dalam hotel berskala besar,
seorang bellman hanya mealakukan tugas dasarnya saja, seperti membawakan barang
bawaan tamu, mengantar tamu kekamar hotel, dan menjelaskan tentang cara
mengoprasikan barang yang mungkin asing bagi tamu tsb,. akan tetapi berbeda
halnya dengan hotel berskala kecil/menengah, seorang bellman harus dituntut
untuk melakukan pekerjaan multitasking, dalam artian selalu mengerjakan
tugas-tugas disaat ada tugas yang harus dikerjakan meskipun bukan pekerjaan
dasar seorang bellman, seperti memarkirkan mobil, mengantarkan/membantu tamu menaiki lift, ataupun membukakan
pintu mobil, yang pada dasarnya bukan pekerjaan seorang bellman melainkan department lain
seperti doorman dan Operator Lift
/monsterkids99.blogspot.co.id/2013/12
0 Response to " Perbedaan Tugas Bellman didua hotel yang berbeda."
Post a Comment