Perbedaan Tugas Bellman didua hotel yang berbeda.

Bellman/Bellboy
Bellman Sering disebut juga sebagai Uniformed Service. Uniformed service merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam operasional suatu hotel, terutama untuk menciptakan citra yang positif terhadap hotel. Hal ini dikarenakan karena tamu hampir selalu berhubungan dengan bagian  ini, dimulai dari kedatangan, selama tinggal, dan ketika meninggalkan hotel.
Pada hakekatnya fungsi bagian Bellman dan Uniformed service mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama hanya berbeda istilahnya. Pada organisasi hotel besar yang memiliki jumlah kamar  yang banyak dan memilki sistem pelayanan yang spesifik, maka Organisasi Bagian Bellman ini atau Uniformed Service merupakan suatu  Bagian yang berdiri sendiri sebagai sebuah Departemen. Di hotel sedang atau hotel menengah organisasi bagian ini merupakan salah satu seksi dari Departemen Front Office (Kantor Depan). Sedangkan di hotel kecil organisasi bagian Bellman biasanya merupakan sub seksi dari seksi Penerima Tamu (Reception) Secara garis besar, ruang lingkup dari bagian Bellman adalah sebagai berikut :

  • ·         Menyambut tamu di pintu utama
  • ·         Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
  • ·         Memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke Bandara, stasiun, pelabuhan ataupun terminal
  • ·         Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
  • ·         Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
  • ·         Mengantar tamu ke meja pendaftaran 
  • ·         Mengantar tamu ke kamar 
  • ·         Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar 
  • ·         Melaporkan kejadian-kejadian yang tidak biasa terjadi 
  • ·         Mengantar surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
  • ·         Menjaga lobby tetap bersih dan rapi 
  • ·         Menggudangkan/ Menangani Penitipan barang bawaan tamu 
  • ·         Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands

Pada hotel berbintang 5, setiap departement departementnya melakukan tuganya masing masing masing, begitupun Seorang bellman,.
Tugas seorang bellman pada masing masing hotel sudah pasti berbeda, tergantung dari tingkat dan fasilitas yang dimiliki hotel tsb.
Berikut kami menjelaskan tugas seorang bellman didua hotel yang tingkatan BINTANGnya berbeda,..

A.      Bellman dihotel Hotel berbintang 5 seperti di Hotel Marbella Anyar Melakukan tugas antara lain :
  1. Memberikan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
  2. Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
  3. Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
  4. Mengantar tamu ke meja pendaftaran 
  5. Mengantar tamu ke kamar 
  6. Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar 
  7. Melaporkan kejadian-kejadian yang  tidak biasa terjadi /Mencurigakan
  8. Mengantarkan surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
  9. Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands), dan jika diluar kemampuannya,  bellman akan menyampaikannya kepada departement yang bersangkutan
B.      Sedangkan bellman dihotel berbintang  2 seperti Hotel _______ melakukan tugas antara lain :
  1. Memberikan penanganan barang bawaan tamu tiba(check in), pindah kamar(Room Change) dan tamu-tamu berangkat(Check out).
  2. Membukakan pintu mobil tamu
  3. Memarkirkan mobil tamu
  4. Menjemput/mengantarkan tamu dari dan menuju bandara/stasiun transportasi lainnya
  5. Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu
  6. Memberikan bantuan kepada tamu yang membutuhkan
  7. Mengantar tamu ke meja pendaftaran 
  8. Mengantar tamu ke kamar 
  9. Menjelaskan cara-cara menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia di kamar 
  10. Melaporkan kejadian-kejadian yang  tidak biasa terjadi /Mencurigakan
  11. Mengantar surat/dokumen penting dari resepsionis ke kamar tamu
  12. Melakukan tugas-tugas suruhan (Running Errands), dan jika diluar kemampuannya,  bellman dapat menyampaikannya kepada departement yang bersangkutan
  13. Membantu mencarikan tamu yang dicari karena dihubungi oleh rekannya
  14. Mencarikan tamu yang hilang
Kesimpulan
Dari keterangan diatas kami bisa menyimpulkan bahwa :
        Tugas seorang bellman dim masing masing hotel akan berbeda, tergantung pada skala/ukuran hotelnya.

Dalam hotel berskala besar, seorang bellman hanya mealakukan tugas dasarnya saja, seperti membawakan barang bawaan tamu, mengantar tamu kekamar hotel, dan menjelaskan tentang cara mengoprasikan barang yang mungkin asing bagi tamu tsb,. akan tetapi berbeda halnya dengan hotel berskala kecil/menengah, seorang bellman harus dituntut untuk melakukan pekerjaan multitasking, dalam artian selalu mengerjakan tugas-tugas disaat ada tugas yang harus dikerjakan meskipun bukan pekerjaan dasar seorang bellman, seperti memarkirkan mobil, mengantarkan/membantu tamu menaiki lift, ataupun membukakan pintu mobil, yang pada dasarnya bukan pekerjaan seorang bellman melainkan department lain seperti doorman dan Operator Lift

/monsterkids99.blogspot.co.id/2013/12

0 Response to " Perbedaan Tugas Bellman didua hotel yang berbeda."

Post a Comment