PENGERTIAN
LAYANAN PORTER
Porter (Bellboy)
merupakan orang pertama atau orang kedua yang mereka temui pada saat masuk ke
dalam suatu hotel. Oleh karena itu anda sebagai seorang porter (Bellboy) harus
mengingat pentingnya kesan pertama. Pelayanan dan tindakan-tindakan porter
(Bellboy) dapat mempengaruhi sikap para tamu. Layanan yang buruk dapat
mengakibatkan tamu mempunyai kesan yang negatif mengenai para staff dan hotel
itu sendiri, sehingga tamu tidak akan menikmati suasana yang nyaman selama
menginap.
THE GROOMING OF PORTER
Seorang porter
dapat membuat tamu merasa puas dan senang tinggal di hotel karena ;
Cek
kebersihan diri anda, apakah anda sudah :
1.
Mandi teratur setiap hari
2. Memelihara tubuh agar tetap bugar
3. Tidak bau badan dan mulut
2. Memelihara tubuh agar tetap bugar
3. Tidak bau badan dan mulut
Cek penampilan, dari ujung kaki hingga
ujung rambut :
1. Bagi pria rambut tidak
melebihi leher/ gondrong, tidak berjambang, dan rambut diberi minyak atau gel,
agar tetap segar.
2. Bagi wanita yang memiliki
rambut panjang di ikat ke belakang atau di harnet.
3. Memakai sepatu pantofel, dan
memakai kaos kaki hitam.
4. Kuku tidak dibiarkan
memanjang.
5. Memakai seragam yang telah
ditentukan oleh perusahaan dengan rapi.
6. Dan memakai atribut yang telah
diprosedurkan oleh hotel.
Banyaknya/ sedikitnya petugas di bagian
Concierge tergantung pada ukuran Hotel dan sepesifikasi pelayanan dan
pekerjaannya. Jika dilihat dari Struktur Organisasi, bahwa Concierge terdiri
dari beberapa seksi yaitu: Chief Concierge di bagian tertinggi pimpinan
Bellboy. Disusul dengan Bell Captain yang akan menangani bawahannya seperti
Door Man/ Door Girl, ataupun Bellboy. Lalu ada juga bawahan Chief Concierge
yaitu Airport Representative yang menangani pelanggan atau tamu hotel dengan
bagian antar jemput di Bandar udara, terdekat.
Tugas dan
Tanggung Jawab Concierge/ Uniformed Service
Ada banyak Hotel menggunakan istilah
Concierge. Tapi ada banyak pula yang menggunakan istilah
Uniformed Service untuk pekerjaan yang hampir sama tugasnya sebagai
berikut ;
Ø
Memberikan
pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba, pindah kamar dan tamu-tamu berangkat.
Ø
Memberikan
pelayanan penyampaian surat dan pesan tamu.
Ø
Melaksanakan
tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pelayanan tamu.
Ø
Mengenali
Equipment pekerja Layanan Porter.
JENIS-JENIS
BARANG BAWAAN TAMU YANG HARUS DIKENALI OLEH PEKERJA LAYANAN PORTER ADALAH
SEBAGAI BERIKUT;
Ø
Trunk
: tas/koper besar untuk membawa
pakaian dan perlengkapan lain seperti perlengkapan film.
Ø
Suite
Case : tas yang digunakan saat perjalanan untuk
membawa pakaian.
Ø
Hand
Bag (Satchel) : tas yang
terbuat dari bahan yang lembut seperti kulit
plastic,kain/kanvas yang mana dibawa dengan cara menenteng.
Ø
Briefcase : bentuknya hampir sama dengan tas ringan,
tas tangan ini biasanya digunakan untuk membawa dokumen.
Ø
Cosmetic
Case : tas yang menyimpan
berbagai peralatan cosmetic.
Ø
Hat
Box : tas untuk menyimpan topi, tas
ini umumnya menyerupai topi yang dibawa.
Ø
Haversack : tas ini terbuat dari kanvas, yang lebih
dikenal dengan tas tentara, tas untuk membawa pakaian/makanan
Ø
Traveling
Bag : tas kecil, yang disebut
dengan tas pundak, biasanya digunakan oleh
para pendaki gunung.
Ø
Val
pack : tas pakaian yang dapat
dilepas, biasanya tas ini dapat digantungkan.
Ø
Garment
Bag : tas yang terbuat dari
kulit, kain/plastic, yang digunakan untuk membawa baju, jas, jacket, celana, dsb,biasanya
digantungkan di hanger.
BERBAGAI MACAM
FORMULIR YANG ADA DI BAGIAN CONCIERGE
Segala kegiatan yang dilakukan oleh
petugas concierge akan dicatat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
;
Ø
LUGGAGE TAG/ LUGGAGE CLAIM TAG
Kartu yang terdiri dari 2
bagian atas dan bawah, bagian atas digantungkan pada tas. Sedangkan bagian
bawah akan diberikan kepada tamu sebagai kartu yang menunjukkan bahwa tamu
memiliki barang itu.
Ø
BELLBOY/ BELLMAN ERRAND CARD
Kartu yang digunakan Bellboy untuk
mencatat segala kegiatan yang berhubungan dengan penanganan tamu tiba, pindah
kamar atau berangkat.
Ø
BELLBOY CONTROL SHEET
Lembar atau formulir pengawasan yang
digunakan Bell Captain untuk mencatat kegiatan bellboy selama penanganan barang
tamu tiba, pindah kamar atau berangkat.
Ø
ERRAND CONTROL SHEET
Adalah lembar/ formulir pengawasan yang
digunakan oleh Bellcaptain untuk mencata kegiatan seluruh petugas Concierge
selama melaksanakan tugasnya.
Ø
BAGGAGE CLAIM CHECK
Baggage Claim Check adalah kartu tanda
bukti penitipan barang tamu untuk sementara waktu yang disimpan di gudang
penitipan barang. Kartu ini memuat dua bagian, bagian depan berisikan informasi
tentang data tamu dan barang tamu yang dititip, sedangkan yang belakang memuat
informasi tentang persyaratan penitipan barang dan informasi pengambilan
barang.
Ø
LUGGAGE ROOM BOOK
Luggage room book adalah buku pencatatan
penitipan barang sementara milik tamu yang disimpan atau dititipkan di gudang
penitipan barang (Luggage Store).
LUGGAGE CLAIM
TAG
Nama :
…………………………………………………………………………………………
Room :
…………………………………………………………………………………………
Luggage :
…………………………………………………………………………………………
⎕ SC ⎕ HB ⎕ GOLF
⎕ GARMENT ⎕ OTHER
……………………………………………….
STORAGE
⎕ SDS ⎕ STS
NOTE :
…………………………………………………………………………………………….
Conditional :
This baggage is storage at owner’s risk.
No responsibility is accepted
for any lose or damage to baggage accepted
for storage beyond go day.
---------------------------------------------------------------------------------------------
LUGGAGE CLAIM
TAG
Name :
………………………………………………………………………………………………
Room :
………………………………………………………………………………………………
Conditional :
This baggage is storage at owners risk.
No responsibility is accepted
for any lose or damage to baggage
accepted for storage beyond go day.
BELLMAN ERRAND
CARD
Bellman
:
Date :
Guest
: Room No
:
Name
:
⎕ Arrival ⎕ BEP ⎕ RM CHANGE ⎕ DEL
BEAUTY CASE
|
|
FUR GOAT
|
|
BRIEF CASE
|
|
JACKET
|
|
GOLF BAG
|
|
OVER GOAT
|
|
SUITE CASE
|
|
LIGOOR
|
|
Room Change :
⎕ F.I.T ⎕ GROUP From
To
Bellman Bell
Captain
TEKNIK
PENANGANAN BARANG BAWAAN TAMU
Penanganan barang bawaan tamu harus
dilakukan dengan cara hati-hati dan sangat membutuhkan perhatian khusus. Hal
ini dikenal juga dengan istilah “Handling With Care”. Ada beberapa alas an yang
harus kita ingat, mengapa barang tamu memerlukan penanganan khusus.
- Expense/biaya adalah dikarenakan barang tamu bernilai mahal. Oleh sebab itu memerlukan penanganan yang hati-hati.
- Limiting Expenses/ biaya terbatas. Dengan penganan dan perhatian yang baik selama penaganan barang tamu maka dpat menekan pengeluaran.
CARA-CARA
PENANGANAN BARANG BAWAAN TAMU
- Lifting : teknik mengangkat barang tamu.
- Stacking : teknik meletakkan atau menumpuk barang dengan cara yang benar dan tepat untuk menghindari kerusakan atau keretakkan pada barang. Teknik meletakkan barang tersebut juga berlaku bagi bellboy bila meletakkan barang pada kereta barang dan pada bagasi mobil. Dengan cara seperti ini ;
1. Menumpuk dan meletakkan tas/
barang yang paling keras di bagian bawah.
2. Menumpuk dan meletakkan
tas/barang yang paling tebal di bagian bawah.
3. Menumpuk dan meletakkan tas/
barang yang paling besar di bagian bawah.
PENANGANAN
BARANG TAMU INDIVIDU TIBA
MENGELUARKAN
BARANG BAWAAN TAMU (UNLOADING LUGGAGE)
Ø
DOORMAN
Menyambut dan memberikan salam
pada tamu. Hal ini dilakukan agar member kesan ramah pada tamu yang dating agar
merasa tersanjung jika kita dapat mengetahui dan menyebut namanya. Membuka dan
menutupkan pintu kendaraan. Hal ini dilakukan untuk membantu tamu keluar dari
kendaraan, dan memudahkan tamu untuk cepat masuk hotel untuk beristirahat.
Ø
BELLBOY
Petugas segera mengeluarkan
barang bawaan tamu dengan hati-hati dan menghindari bantuan agar tidak terjadi
kerusakan pada barang bawaan tamu. Menempatkan barang Tempatkan barang pada tempat yang aman di area pintu utama hotel
dan minta tamu untuk memeriksa barang bawaannya.
ROOMING GUEST
Ø
MEMASUKI LOBBY
1. Bellboy mempersilahkan tamu
untukmendaftar ke bagian reception
2. Menempatkan barang bawaan tamu
selama tamu mendaftar
3. Menunggu tamu selama mendaftar
4. Menerima kartu tamu
5. Menerima kunci kamar
6. Memberi cap pada bellboy
errand card
Ø
MEMASUKI LIFT/ ELEVATOR
Hotel yang mempunyai lift biasanya adalah Hotel yang
memiliki lebih dari 3 lantai. Dengan ini, Bellboy akan mempersilahkan tamu
untuk masuk terlebih dahulu.
Ø
MENGARAHKAN TAMU MENUJU KAMAR
Bellboy akan member petunjuk arah ke kamar serta
mengetuk pintu kamar sebanyak 3 kali sebelum memasuki kamar.
Ø
MEMASUKI KAMAR
Cara
yang baik untuk memasuki kamar adalah ;
ü
Nyalakan
lampu ketika masuk kamar.
ü
Persilahkan
tamu masuk terlebih dahulu.
ü
Meletakkan
barang di kamar pada rak barang, rak lipat, atau di dalam lemari.
ü
Menjelaskan
fasilitas kamar, seperti fasilitas kamar, telepon, radio, televise, AC, kamar
mandi, balkon.
ü
Meletakkan
guest card dan room key di meja tamu.
ü
Meninggalkan
tamu dengan mengucapkan selamat beristirahat.
PENANGANAN
BARANG TAMU ROMBONGAN TIBA
KEDATANGAN
BARANG BAWAAN TAMU ROMBONGAN
ü
Persiapkan
selama kedatangan barang tamu rombongan
ü
Group
Information adlah informasi tamu rombongan.
ü
Informasi
yang diperlukan oleh hotel untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk kedatangan
tamu rombongan, termasuk persiapan penanganan barang bawaan tamu.
ü
Daftar
tamu rombongan dan aktivitasnya (group activities list) adalah daftar nama-nama
tamu rombongan yang akan tiba serta kegiatannya.
MENERIMA BARANG
BAWAAN TAMU ROMBONGAN
1. Memeriksa ulang group
activities list
2. Bellcaptain akan memeriksa
group activities list serta mencocokkan kembali dengan group activities list
yang ada pada petugas penerima tamu.
3. Mengeluarkan muatan barang selalu
menggunakan metode yang benar dalam penanganan barang bawaan tamu.
4. Menempatkan barang barang ditempat didekat pintu utama serta
dikelompokkan menurut jenisnya. Tiap-tiap jenis barang disusun dalam satu baris
agar mudah dihitung
5. Menghitung barang tamu jumlah
dari tiap-tiap barang harus dihitung. Kemudian, kondisi barang harus diperiksa
satu per satu untuk memastikan jika terdapat kerusakan pada barang.
6. Menginformasikan jumlah dan
kondisi barang.
7. Jumlah untuk tiap-tiap jenis
barang termasuk kondisinya harus dilaporkan pada pimpinan rombongan (tour
leader) secara terinci dan lengkap.
8. Menggantungkan luggage tag
pada barang-barang.
9. Memilih barang tamu rombongan
Hal ini dilakukan untuk
memudahkan proses pengantaran barang ke masing-masing kamar tamu.
Prosedurnya
adalah sbg berikut ;
ü
Berdasarkan
lokasi. Tiap-tiap barang disortir berdasarkan lokasinya masing-masing.
ü
Berdasarkan
lantai. Setelah barang disortir berdasarkan lokasi, lalu barang disortir
berdasarkan lantai
ü
Berdasarkan
nomor kamar. Barang disortir berdasarkan nomor kamarnya masing-masing
Pengantaran
Mengantarkan barang bawaan
tamu menggunakan lift service agar tidak mengganggu tamu lain. Pengantaran ini
berdasarkan lokasi, lantai, dan nomor kamar.
PENANGANAN
BARANG TAMU YANG PINDAH KAMAR
Orang memiliki kewenangan untuk memindahkan
tamu dari kamarnya adalah F.O Manager, Ass. F.O Manager, Chief or Reception.
Jika ada tamu yang pindah kamar Bellcaptain akan menerima catatan tamu pindah
kamar (room or rate change) dari reception.
Kemudian Bellcaptain akan menugaskan
Bellboy untuk membantu tamu pindah kamar dan menerima kunci kamar yang baru
untuk dihuni oleh tamu. Hal-hal yang memudahkan bellboy untuk melakukan
pekerjaannya adalah, pada saat tamu telah mengemas barangnya.
Hal ini akan memudahkan Bellboy untuk
memindahkan barang tamu dengan cara berikut ini;
ü
Memeriksa
penempatan barang
ü
Pemindahan
barang
ü
Meletakkan
barang tamu di kamar tamu yang baru
ü
Menandatangani
room change or rate form
ü
Mengembalikan
kunci kamar yang lama
ü
Mengembalikan
Bellboy Errand Card kepada Bell Captain
PENGGUDANGAN
BARANG TAMU (STORAGE)
Penggudangan atau penitipan barang bawaan
milik tamu hanya bersifat sementara waktu saja. Alasan-alasan tamu untuk
menitipkan barangnya adalah ;
ü
Tamu
belum meninggalkan hotel, tetapi sudah dinyatakan berangkat dengan alasan
tertentu, seperti menunggu jadwal penerbangan, penjemputan, dsb.
ü
Tamu
berangkat untuk sementara waktu. Namun, akan kembali lagi ke hotel pada hari
lain.
ü
Tamu
datang terlalu awal dari jam check-in yang ditentukan oleh hotel.
Hal yang harus dilakukan bellboy pada
saat menangani penitipan barang yaitu;
ü
Keluarkan
atau buatkan kartu penitipan barnag (baggage claim check)
ü
Tempatkan
barang pada ruang penitipan
ü
Catat
pada buku penitipan barang
ü
Cocokkan
pasangan kartu penitipan bila tamu akan mengambil barang titipannya.
0 Response to " Pengertian, Tugas Tanggung Jawab, Jenis Barang, Formulir, Teknik Penangan barang, Jenis Barang, Penggudangan Barang dalam Porter, Concierge."
Post a Comment