Pengertian Hospitality

Apa Itu Hospitality?

Bagi anak perhotelan dan pariwisata pasti sudah faham dengan hospitality serta pekerjaan apa saja yang termasuk didalamnya. Namun bagi orang umum atau bukan anak perhotelan dan pariwisata akan bingung serta tidak terlalu faham mengenai hospitality. Sebenarnya hospitality bukanlah industri baru dalam dunia pekerjaan atau profesi, hospitality sudah ada sejak lama sama dengan industri – industri lainnya di Indonesia seperti ekonomi, sosial, transportasi dan teknologi.
Nama hospitality terdengar asing karena dari dahulu hingga sekarang jarang sekali diperkenalkan secara umum atau di ekspos secara terang – terangan seperti industri lainnya. Hospitality dikenal hanya pada orang – orang yang memang berkecimpung di bidangnya saja. Orang umum lebih mengenal hospitality dengan dunia perhotelan atau pariwisata saja, padahal hospitality itu sangat luas, hampir setiap sektor bidang apapun saat ini sudah berdampingan dengan hospitality.
Perlu diketahui hospitality di Indonesia kian hari kian berkembang seiring dengan banyaknya tempat wisata, hiburan, dan kuliner di setiap daerah. Apalagi setelah Kementrian pariwisata terus menyiarkan visit Indonesia atau tag line Pesona Indonesia di media - media. Sayangnya hal tersebut tak sebanding dengan jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang ini yang masih sangat sedikit tidak seperti industri lainnya yang ramai peminatnya. Akibatnya perusahaan yang bergerak di bidang hospitality terpaksa harus bersusah payah mencari tenaga kerja dari luar untuk bisa menutupi kekurangan source karyawan atau pegawai.
WORLD TOURISM ORGANIZATION memprediksikan bahwa jumlah orang yang melakukan perjalanan akan menjadi tiga kali lipat sampai dengan tahun 2020. Oleh karenanya industri yang terkait, yang sering disebut sebagai Hospitality Industry akan berkembang menjadi industri terbesar di dunia.
Mari diperjelas lagi agar lebih faham mengenai Apa itu Hospitality?
Hospitality sering salah diartikan sebagai rumah sakit. Walaupun rumah sakit merupakan salah satu majemen yang mempraktikkan ilmu hospitality industri. Namun pada dasarnya hospitality merupakan suatu sikap keramah-tamahan yang dilakukan antara sesama manusia. Hospitality sering kita jumpai di pasar, bank, rumah sakit, SPBU dan lain-lain.
Menurut kamus kata HOSPITALITY diartikan sebagai: friendly and generous reception and entertainment of guests, yang apabila diterjemahkan kurang lebih berarti: ramah-tamah dan murah hati dalam menerima dan menghibur para tamu.
Jadi HOSPITALITY INDUSTRY dapat diartikan sebagai: segala macam industri yang mempunyai kegiatan yang berhubungan dengan keramah-tamahan, pelayanan dan hiburan untuk para tamu.
Sedangkan ilmu yang mempelajari  tentang pengelolaan perusahaan yang berkaitan dengan Hospitality Industry disebut dengan hospitality management.
ASPEK-ASPEK UTAMA HOSPITALITY MANAGEMENT
Mempelajari Hospitality Management sebenarnya banyak berkaitan dengan Business Management secara umum seperti Accounting, Marketing, Finance dll, dengan ditambahkan beberapa aspek utama dalam Hospitality Management seperti: Food and Beverage Management, Front Office Management, Housekeeping Management dan Events Management. Selain itu dibahas juga mengenai Tourism.
PILIHAN KARIR DALAM HOSPITALITY INDUSTRY
Pilihan karir yang terbuka di bidang Hospitality Industry ini sangat luas dan bervariasi, diantaranya adalah di bidang-bidang:
- Hotel, Apartment, Restaurant, Lounge
- MICE (Meeting, Incentive, Conference, Events)
- Penerbangan & Pelayaran (Kapal Pesiar)
- Travel & Tourism
- Taman Hiburan (misalnya Disneyland, Safari Park)
- Spa, Health & Sport Club
- Casino
- Public Relation, Sales & Marketing
- Dosen dan Konsultan, dsb.
Sudah jelaskan apa itu Hospitality? Dan apa saja pekerjaan di bidang tersebut, bagi yang baru mengetahui pastinya sangat terkejut bahwa ternyata selama ini sudah sering kali menemui orang – orang yang bekerja di dunia hospitality, bukan hanya di hotel saja tetapi ditempat – tempat lainnya seperti mall, tempat hiburan, bahkan rumah sakit juga ada hospitality didalamnya.
Bagi kalian yang tertarik untuk bekerja di bidang hospitality namun bukan lulusan sekolah atau kuliah perhotelan dan pariwisata, kalian bisa join/sign up di star4hire.com. Di star4hire bagi yang bukan lulusan dari hospitality tetapi ingin bekerja didalamnya bisa mengikuti program trainee/training yang diadakan oleh star4hire atau lebih tepatnya program EPP ( English Proficiency Plus ).
Di dalam EPP Kamu akan dapat program singkat perhotelan tentang hospitality, mendapatkan program sertifikasi profesi dari BNSP dan program penempatan kerja melalui jaringan star4hire. Untuk informasi lebih jelas Kamu bisa Registrasi terlebih dahulu di star4hire setelah mengisi data lengkap, tinggal menunggu saja nanti akan ada informasi melalui email atau sms text mengenai EPP dan kalian bisa langsung mengikuti programnya.


 https://star4hire.com/blog/read/apa-itu-hospitality-94.htm

0 Response to "Pengertian Hospitality"

Post a Comment